Selasa, 14 Oktober 2014

Tugas Softskill Psi Manajemen

19.05



Tugas Softskill


Ditulis oleh    : Arief Hidayatullah
Kelas              : 3PA 07
NPM               : 11512091

Mata kuliah  : Psikologi Manajemen




 

Ilustrasi Perusahaan Cuci Piring Delivery
 



Dewasa ini bisnis laundry pakaian sudah sangat menjamur, kemungkinan akan sangat sulit dalam menjalankan bisnis ini jika tanpa sistem dan perencanaan yang matang serta perlu adanya suatu kreatifitas dalam menciptakan inovasi terbaru di bidang tersebut. Agar membuat bisnis ini menjadi beda dari pesaing lainnya.
Jika laundry pakaian sudah sangat banyak pesaing beda halnya dengan jasa cuci piring. Saya masih belum melihat atau menemukan perusahaan yang menjalankan bisnis cuci piring yang dikelola secara professional. Disini saya ingin membuat terobosan baru dan berencana untuk membuat perusahaan yang bergerak dibidang jasa cuci piring.
Bisnis cuci piring menurut saya pangsa pasarnya cukup luas, dari mulai ibu rumah tangga, warung makan bahkan hotelpun memerlukan jasa ini. Biasanya rumah makan atau hotel mempekerjakan orang untuk cuci piring di dapur, sedangkan ibu rumah tangga biasanya mencuci sendiri ataupun menyuruh anak atau asisten rumah tangga untuk mencuci piring.
Model bisnis ini menurut saya cukup baik untuk diterapkan di perkotaan, Berhubung warga perkotaan khususnya Jakarta rata rata adalah pekerja kantoran atau karyawan yang sangat sibuk. Mereka akan sulit untuk membagi waktu dalam urusan mencuci piring apalagi jika mereka lembur biasanya piring piring di bak cuci piring pada menumpuk.


Yang dibutuhkan dalam menjalankan bisnis ini


1. Kendaraan (mobil atau motor) 


Jika tidak mempunyai kendaraan untuk menjemput piring dari pelanggan kita bisa menyewa kendaraan ataupun melakukan kerja sama dengan penyedia jasa pengiriman. Bentuk kerja samanya bisa dengan memakai jasa mereka dan membayarnya dengan harga lebih murah dari harga biasanya (sesuai kesepakatan) ataupun dengan cara bagi hasil.
2. Dishwasher Machine (Mesin Cuci Piring)



Harga sebuah dishwasher machine cukup mahal untuk ukuran kebanyakan kita. Salah satu produsen alat-alat elektronik dari Swedia, Electolux mematok harga 11 juta untuk type ESF 63020X, sedangkan merk lain Henkel mematok harga 7 jutaan untuk type Gastronomic
 Cara Kerja
Tidak seperti kita mencuci piring secara manual, yang selalu menggosok fisik peralatan yang kita cuci untuk menghilangkan kotoran atau sisa makanan, Dishwasher machine pertama-tama bekerja dengan penyemprotan air panas (55-65 derajat Celsius atau 130-150 derajat Fahrenheit) pada peralatan yang kita cuci. Kemudian fase kedua mengalirkan campuran air dan deterjen atau sabun yang digunakan untuk tujuan membersihkan, diikuti dengan air bersih untuk membilas atau menghilangkan sisa-sisa deterjen. Tapi tidak semua mesin pencuci piring memiliki fitur bilas.

3. Sabun Cuci Piring



Bekerja sama dengan perusahaan sabun cuci piring agar mendapat harga lebih murah dari pasaran atau bisa juga membuatnya sendiri
Bahan-bahan  yang digunakan adalah sebagai berikut:

* Texapon  18 kg
* Sodium sulfat secukupnya 9 kg
* Camperlan secukupnya
* Foam Booster 2 liter
* EDTA 1,1 % ( Pengawet, bisa tahan sampai 8 th )
* Parfum secukupnya

* Fisatif secukupnya
* Pewarna secukupnya
* Air 180 liter

Cara membuat:

1. Texapon + sodim sulfat diaduk rata sampai memutih
2. (1) + masukkan air sedikit demi sedikit sampai 50% nya
3. (2) + masukkan camperlan aduk rata
4. (3) + sisa (20-30)% air dimasukkan sedikit demi sedikit
5. (4) + sodium sulfat dimasukkan sedikit demi sedikit hingga terlihat mengental
6. (5) + pewarna secukupnya aduk rata
7. (6) + parfum secukupnya
8. Siap dikemas,  


Formula tersebut diatas bisa menjadi  sabun jadi sekitar 215 ltr  Sabun Cuci Piring Kualitas

4. Toko atau Kios

Diutamakan menyewa toko di tempat yang strategis dan dekat dengan pemukiman maupun warung makan




Langkah Memulai dan memajukan usaha tersebut
 
1. Mempromosikan usaha melalui media online maupun brosur. Kenapa harus media online? Karena melalui media online modal yang diperlukan tidak terlalu besar dibanding harus iklan di media cetak

2. Merekrut karyawan setidaknya 3 orang karyawan yang bertugas untuk mencuci piring dan menjaga toko, mengantar dan menjemput piring kepelanggan serta  customer service.

3. Melakukan promo-promo ataupun discount untuk menarik pelanggan baru Misalnya setiap 10x cuci gratis 1x cuci

4. Serta tetap menjaga Loyalitas para pelanggan

Ditulis Oleh

Mahasiswa psikologi dan blogger amatir yang sangat tertarik dengan web design, Seo, sistem operasi dan segala tentang teknologi. ada pertanyaan atau saran bisa hubungi penulis di https://twitter.com/arrief_hidayat

Silahkan berikan Komentar dan Saran anda demi kemajuan blog sederhana ini

 

© 2015 Di edit oleh Arief Seo. didesign Templateism.

Back To Top