Terdapat beberapa definisi tentang netiquette, yaitu :
a. Etika dalam
menggunakan Internet
Internet sebagai sebuah
kumpulan komunitas, diperlukan aturan yang akan menjadi acuan
orang-orang sebagai pengguna Internet, dimana aturan ini menyangkut batasan dan
cara yang terbaik dalam memanfaatkan fasilitas Internet.
b.
Aturan‐aturan/kebiasaan/etika/etiket umum yg berlaku di seluruh dunia,
sehingga para pelaku internet dapat dengan nyaman dalam berinteraksi di dunia
maya ini
Sebenarnya Netiquette terdiri dari
dua kata yang dijadikan satu, yakni networks dan etiquette. Banyak orang
mengartikan sebagai berperilaku sesuai etiket saat tersambung ke jaringan
internet, entah itu saat berinteraksi di forum, mailing list, maupun blog. Di
dalam internet tidak ada aturan tertulis yang baku dan memiliki kekuatan legal
yang dapat dipakai sebagai acuan untuk memperlakukan dan mensikapi arus
informasi dan data di dalamnya.
Dalam kasus tertentu pelanggaran etika dapat diajukan ke
pengadilan melalui mekanisme hukum positif yang berlaku pada diri seseorang
(warga negara) maupun lembaga/organisasi. Yang paling sering terjadi tuntutan
hukum adalah menyangkut soal pelanggaran Hak Cipta, Hak Privacy dan serangan
illegal (Spamming, Pirating, Cracking dan sejenisnya) terhadap suatu produk,
perseorangan maupun institusi yang dilindungi hukum positif secara
internasional.
Pada dasarnya netiquette merupakan
panduan untuk bersikap dan berperilaku sesuai dengan kaidah normatif di
lingkungan Internet. Dengan mematuhi peraturan ini, maka akan sangat bermanfaat
dan membantu dalam berkomunikasi dan berinteraksi dengan orang lain tanpa harus
mengalami masalah atau tanpa harus mengalami salah pengertian dengan orang
lain.
Beberapa aturan yang ada pada Nettiquete ini adalah:
- Amankan dulu diri anda, maksudnya adalah amankan semua properti anda, dapat dimulai dari mengamankan komputer anda, dengan memasang anti virus atau personal firewall
- Jangan terlalu mudah percaya dengan Internet, sehingga anda dengan mudah mengunggah data pribadi anda. dan anda harus betul-betul yakin bahwa alamat URL yang anda tuju telah dijamin keamanannya.
- dan yang paling utama adalah, hargai pengguna lain di internet, caranya sederhana yaitu,:
a. jangan biasakan menggunakan informasi secara
sembarangan, misalnya plagiat.
b. jangan berusaha untuk mengambil keuntungan secara
ilegal dari Internet, misalkan melakukan kejahatan pencurian no kartu kredit
c. jangan berusaha mengganggu privasi orang lain, dengan
mencoba mencuri informasi yang sebenarnya terbatas.
d. jangan menggunakan huruf kapital terlalu banyak,
karena menyerupai kegiatan teriak-teriak pada komunitas sesungguhnya.
e. jangan flamming, trolling ataupun junking
Pertama:
Ingatlah bahwa kita
berinteraksi dengan manusia. Jangan lupa bahwa orang yang membaca email atau
posting kita benar-benar manusia yang memiliki perasaan. Sehingga:
-
Jangan
berteriak – gunakan huruf kapital dengan bijaksana. Tidak baik melukai perasaan
orang lain,
-
Jangan
menggunakan kata-kata yang bersifat sarkasme,
-
Jangan
pernah mengirimkan email atau posting tentang hal-hal yang tidak akan pernah
Anda ucapkan secara langsung kepada si pembaca.
Kedua:
Standar perilaku di
dunia nyata berlaku pula di dunia maya.
Konsekuensinya:
-
Jaga
keetisan,
-
Melawan hukum adalah netiket yang buruk.
Ketiga:
Ketahuilah di mana Anda
berada di dunia maya.
-
Netiket
bervariasi dari satu domain ke domain lainnya,
-
Tunggulah
sambil mengamati (dengan membaca posting-posting sebelumnya) domain yang akan
Anda masuki sebelum Anda berinteraksi di dalamnya.
Keempat:
-
Hargailah
waktu dan bandwidth orang lain. Konsekuensinya:
-
Tidak
mengapa jika Anda menganggap apa yang sedang Anda kerjakan saat ini merupakan
hal yang terpenting di jagad raya. Namun, jangan berharap bahwa orang lain akan
berpikiran sama,
-
Kirim
pesan (posting) pada grup diskusi yang sesuai. Tetaplah pada topik diskusi,
jika pesan Anda tidak sesuai dengan topik yang ada, jangan kirimkan pesan
tersebut,
-
Usahakan
untuk tidak menanyakan hal bodoh pada grup,
-
Baca dahulu FAQ (Frequently Asked Questions)
sebelum mulai bertanya.
-
Gunakan
email japri (jalur pribadi) untuk hal yang bersifat personal daripada
mengirimkannya kepada grup,
-
Jangan membuang waktu pembaca yang sudah mahir
dengan mengirimkan informasi yang mendasar.
Kelima:
-
Jangan
membuat bingung pembaca. Caranya:
-
Buat
email seperti kartu pos. Jaga supaya pesan Anda singkat saja.
-
Jangan
terlalu berlebihan dalam mengutip. Dalam membalas pesan kutiplah hanya hal yang
penting untuk dibalas.
-
Tulis
dan ejalah dengan benar. Tulis seperti Anda menulis sebuah surat.
-
Jaga
supaya signature paling banyak empat baris saja,
-
Cek
ulang di Web jika Anda mendapat email tentang virus. Jika Anda tidak pasti
tentang hal tersebut, jangan meneruskan email tadi ke orang lain.
-
Jangan
mengirim spam.
Berikut adalah pengertian dari flaming, trolling, dan junking
A.
Flamming
Flaming adalah ketika seseorang atau
sekelompok orang mengekspresikan hal-hal negatif mengenai situasi tertentu.
Alasan untuk mengingatkan orang yang melakukan hal ini adalah karena beberapa
orang mungkin tidak tahu jika orang tersebut sedang melakukan flaming.
Maksudnya di sini adalah, lingkungan Internet tidak seperti Anda sedang duduk
dengan orang lain dan saling berhadap-hadapan, lalu mengatakan orang lain itu
gila atau Anda jengkel terhadap sesuatu. Jadi tolong beritahu orang lain jika
dia sedang melakukan flaming. Kita berusaha untuk sama-sama mengurangi
kemungkinan adanya konfrontasi di Internet.
B. Trolling
Trolling adalah keluar dari
topik pembicaraan pada saat berforum
C. junking
junking adalah memasang
post yang tidak berguna saat berforum, sering sekali kita jumpai di berbagai
forum
Referensi :
Silahkan berikan Komentar dan Saran anda demi kemajuan blog sederhana ini